Mengenal Jenis-jenis Kabel LAN

Jenis-jenis Kabel LAN

LAN atau Local Area Network adalah jenis jaringan lokal yang menghubungkan satu komputer ke komputer lain. Biasanya jaringan ini sendiri hanya digunakan untuk frekuensi skala kecil saja, contohnya adalah lab komputer sekolah, kantor atau kampus. LAN sendiri juga merupakan bagian dari Ilmu Komputer yang memang sudah ada sejak dulu. Penyambungan jaringan ini sendiri biasanya menggunakan kabel yang dikenal sebagai kabel UTP. Akan tetapi UTP hanyalah salah satu jenisnya.

Kabel LAN ini juga mengikuti jaman dan terus berkembang. Tentu saja dengan fungsinya LAN untuk resource atau bertukar informasi antar komputer, membuat peran kabel ini sangatlah penting. Adapun beberapa jenis kabel untuk jaringan LAN ini, di mana ternyata setiap jenisnya akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jenis-jenis Kabel LAN yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Kabel LAN

Mengenal kabel UTP atau kabel jaringan LAN sangatlah penting karena adanya perbedaan yang cukup signifikan. Di bawah ini sendiri adalah penjelasan singkat akan jenis dari kabel jaringan LAN, berikut penjelasannya:

1. Kabel Coaxiala

Kabel ini sendiri menggunakan konduktor tembaga, di mana kabel jenis ini dibungkus dengan kawat ground. Untuk jenis kabel LAN Coaxiala sudah tidak banyak digunakan karena produk dari jaringannya sudah tidak mendukung. Walaupun begitu terkadang kabel ini masih digunakan pada topologi bus atau jaringan yang lebih kecil lagi. Jenis kabel ini juga sudah tidak direkomendasikan karena sudah tidak mendukung lagi.

2. Unshielded Twisted Pair

Untuk jenis kabel jaringan LAN yang satu inilah yang sering digunakan. Biasa disebut dengan kabel UTP, kabel ini juga berfungsi sebagai sambungan kabel telepon. Kabel UTP ini memiliki 4 pasang konduktor tembaga yang berbeda warnanya. Pembungkus kabel telah menyediakan tempat untuk masing-masing warna kabel. Kabel UTP ini terhubung dengan modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Hampir semua perangkat LAN bisa beroperasi menggunakan kabel UTP ini yang memang kebanyakan sudah dilengkapi dengan konektor RJ-45. Kabel UTP terdiri dari 5 kategori yang mampu menerima suara frekuensi kecil hingga paling kencang.

3. Shielded Twisted Pair

Biasa disebut dengan kabel STP, kabel ini merupakan salah satu jenis kabel telepon yang sering digunakan oleh bisnis instalasi. Ciri khas kabel ini adalah adanya pembungkus untuk masing-masing twisted pair. Kabel STP juga sering digunakan untuk jaringan data, khususnya pada jaringan Token-Ring IBM. Jenis kabel ini memiliki pembungkus yang mampu melindungi lebih baik dari interfensi EMI. Hanya saja kabel jenis STP ini jika ada di frekuensi tinggi keseimbangannya akan menurun dan menyebabkan suara yang tertangkap terdengar berisik atau noise.

4. Fiber Optik

Kabel Fiber Optik sendiri adalah jenis kabel LAN yang memiliki teknologi terbaru. Kabel ini terbuat dari glass optik dan ditengahnya terdapat komponen filamen glass yang juga disebut core. Core ini sendiri dilapisi oleh lapisan caddling dan dilapisi lagi dengan material penguat atau pelindung bernama Buffer Caddling. Teknologi tercanggih dari fiber optik sendiri adalah mampu mentransmisi informasi menggunakan gelombang cahaya. Transmitter yang digunakan pada kabel jenis ini biasanya laser atau LED. Kelebihan dari kabel ini adalah memiliki kapasitas bandwith yang besar hingga giga per detik. Banyak sekali jaringan data yang menggunakan kabel ini, namun hingga saat ini kabel ini memiliki harga yang sangat mahal.

Itulah beberapa jenis kabel LAN yang ternyata sudah jauh berkembang. Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini, sudah membuktikan bahwa transmisi informasi hanya membutuhkan waktu sebentar untuk disebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *