Tips Desain Interior Kantor Dengan Gaya Industrial Terbaru

Tips Desain Interior Kantor

Gaya interior kantor sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan etos kerja. Semakin monoton sebuah interior kantor, maka pola kerja kantor juga semakin memburuk karena seringnya timbul kebosanan dan kepenatan. Oleh karenanya interior kantor haruslah didesain semenarik mungkin, dan tentunya sesuai dengan tren yang sedang naik saat ini. Salah satu trend interior kantor yang cukup banyak digandrungi adalah interior gaya industrial. Gaya industrial merupakan gaya yang sangat fleksibel dengan cirinya yang unik, yaitu menampilkan kesan unfinished.

Tips Desain Gaya Industrial Interior Kantor

Untuk menampilkan gaya industrial, yang paling mudah untuk diakses adalah material khasnya seperti kayu, logam seperti pintu aluminium kamar mandi, serta batuan yang umumnya dipakai untuk aksen titik-titik tertentu. Adapun tips untuk ciptakan interior kantor dengan gaya industrial adalah:

1. Material kayu, beton dan logam

Material beton dianggap sebagai material yang kuat dengan warna netralnya yaitu abu-abu. Material ini sangat cocok jika diterapkan pada interior industrial karena dapat menampilkan kesan unfinished yang nyata. Selain itu memadukan material beton dengan kayu dan logam akan menampilkan visual yang unik dan signifikan.

2. Pintu

Pintu menjadi titik sorot utama dalam sebuah ruangan, oleh karenanya saat Anda bermaksud menciptakan interior industrial, maka pasanglah pintu yang meyakinkan. Misalnya dengan memasang pintu material kayu, beton, atau bahkan logam seperti pada pintu aluminium kamar mandi yang dapat menghasilkan visual modern.

3. Lantai

Untuk menciptakan nuansa industrial yang kental, aplikasikanlah lantai beton. Lantai beton memiliki karakter yang sedikit kasar, oleh karenanya padukanlah lantai tersebut dengan lantai parket motif kayu agar terdapat variatif yang semakin memperkuat kesan industrial.

4. Dinding

Seorang arsitek bernama Galileo Breezeway menemukan ide yang sangat brilian untuk memasukkan cahaya alami serta memaksimalkan udara yang juga alami ke dalam ruang kantor. Ide tersebut muncul dalam jalusi dari logam yang tingginya setinggi dinding. Kemudian, Breezeway menggunakan material baja, kaca dan beton sebagai material dinding. Itulah ide hebat Breezeway dalam menciptakan kesan industrial pada dinding. Anda dapat menggunakan model dinding ala Breezeway ini untuk ciptakan interior industrial di kantor Anda.

5. Warna

Warna-warna yang menggambarkan desain industrial bukanlah warna-warna yang mencolok. Warna gaya industrial sangatlah sederhana dan mudah diterapkan, seperti warna netral, hitam, putih, monokrom, dan sedikit aksen-aksen warna berani seperti merah untuk sedikit mengkombinasikan dan meminimalisir rasa monoton.

6. Sematkan unsur alam

Kesan industrial pada kantor Anda akan sangat tampak monoton dan mungkin tidak segar jika isinya hanya lantai dan dinding beton, furnitur logam bahkan hingga pintu aluminium kamar mandi yang sangat terkesan logam. Untuk meminimalisir hal tersebut, sematkanlah aksen-aksen yang berbau alam seperti tanaman hias, lukisan yang menggambarkan alam, atau pencahayaan alami yang optimum.

7. Furnitur

Karena gaya industrial sangat kental dengan material logam, kayu dan beton, maka pilihan furnitur Anda adalah dari ketiga material tersebut. Tapi Anda tidak harus sesempit itu mengartikan furnitur gaya industrial, Anda dapat menggunakan material kaca atau plastik yang memiliki warna senada dengan gaya industrial.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mendesain interior kantor Anda agar dapat memunculkan kesan industrial yang modern. Selain gaya, Anda juga tetap tidak boleh mengabaikan akses karyawan Anda dalam melakukan pekerjaan, misalnya dengan mempermudah dan membuka ruang untuk satu dan lain karyawan agar dapat berdiskusi secara aktif mengenai pekerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *